SEJARAH
Gojek (sebelumnya
ditulis GO-JEK) merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Saat ini, Gojek telah tersedia di 50 kota di
Indonesia. Hingga bulan Juni
2016, aplikasi Gojek sudah
diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada
sistem operasi Android, dan telah tersedia di App Store. Gojek juga mempunyai layanan pembayaran digital
yang bernama Gopay. Selain di Indonesia, layanan Gojek kini telah tersedia di Thailand, Vietnam dan Singapura.
Gojek didirikan
oleh Nadiem Makarim, warga negara Indonesia lulusan Master
of Business Administration dari Harvard Business School. Ide mendirikan
Gojek muncul dari pengalaman pribadi Nadiem Makarim
menggunakan transportasi ojek hampir setiap hari ke tempat kerjanya
untuk menembus kemacetan di Jakarta. Saat itu, Nadiem masih bekerja
sebagai Co-Founder dan Managing Director Zalora Indonesia dan Chief
Innovation Officer Kartuku.
Sebagai seseorang yang sering menggunakan transportasi ojek,
Nadiem melihat ternyata sebagian besar waktu yang dihabiskan oleh pengemudi
ojek hanyalah sekadar mangkal menunggu penumpang. Padahal, pengemudi ojek akan
mendapatkan penghasilan lebih banyak bila terus mencari penumpang.
Selain itu, ia melihat ketersediaan jenis transportasi ini tidak sebanyak
transportasi lainnya sehingga sering kali cukup sulit untuk dicari. Ia
menginginkan ojek yang bisa ada setiap saat dibutuhkan. Dari pengalamannya
tersebut, Nadiem Makarim melihat adanya peluang untuk membuat sebuah layanan
yang dapat menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek.
Pada tanggal 13 Oktober 2010, Gojek resmi berdiri
dengan 20 orang pengemudi. Pada saat itu, Gojek masih mengandalkan call center
untuk menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek. Pada
pertengahan 2014, berkat popularitas Uber kala itu, Nadiem
Makarim mulai mendapatkan tawaran investasi.
Pada tanggal 7 Januari 2015, Gojek akhirnya meluncurkan aplikasi
berbasis Android dan iOS untuk menggantikan sistem
pemesanan menggunakan call center.
REVIEW
GOJEK awalnya hanya memiliki fitur Go-Ride ini sekarang telah memiliki
banyak fitur dengan begitu banyak lapangan
pekerjaan baru bagi ribuan masyarakat Indonesia dengan penghasilan yang
lumayan. Banyak mahasiswa yang ikut bergabung dengan Gojek, bahkan ibu rumah tangga
banyak yang turut serta untuk menambah uang belanja. GoJek juga turut
berpengaruh bagi perekonomian Indonesia melalui fitur Go-Food dimana rata-rata
penghasilan dari UMKM meningkat setelah adanya fitur tersebut. Diluar itu semua
memang fitur-fitur Go-Jek sangat membantu keseharian kita bahkan Gojek adalah
seperti aplikasi wajib di setiap smartphone.
Sumber: wikipedia.co.id
No comments:
Post a Comment